Jumat, 20 November 2015

KELUARGA MERUPAKAN BAGIAN YANG TERPENTING DARI SEGALA-GALANYA SERTA KEHARMONISAN KELUARGA ADALAH HAL YANG  UTAMA

Keluarga harmonis merupakan keluarga yang penuh dengan ketenangan, ketentraman, kasih sayang, keturunan dan kelangsungan generasi masyarakat, belas-kasih dan pengorbanan, saling melengkapi dan menyempurnakan, serta saling membantu dan bekerja sama (cahya, 2002). keluarga bagiku adalah hal yang paling utama dari teman, sahabat, ataupun pacar. tanpa keluarga aku tidak akan pernah merasakan kebahagiaan, kenyamanan, dan keamanan yang luar biasa.

keluarga besar adalah keluarga yang disatukan dari kakek dan nenek yang sangat berjasa melahirkan ayah dan ibu kami sehingga menjadikan keluarga ini keluarga yang sempurna. salah satu kunci keluarga itu menyatu adalah keharmonisan.

Keluarga harmonis hanya akan tercipta kalau kebahagiaan salah satu anggota berkaitan dengan kebahagiaan anggota-anggota keluarga lainnya. Secara psikologis dapat berarti dua hal: 
  1. Tercapainya keinginan-keinginan, cita-cita dan harapan-harapan dari semua anggota keluarga. 
  2. Sesedikit mungkin terjadi konflik dalam pribadi masing-masing maupun antar pribadi

Keluarga harmonis atau keluarga bahagia adalah apabila dalam kehidupannya telah memperlihatkan faktor-faktor berikut: 
  1. Faktor kesejahteraan jiwa. Yaitu redahnya frekwensi pertengkaran dan percekcokan di rumah, saling mengasihi, saling membutuhkan, saling tolong-menolong antar sesama keluarga, kepuasan dalam pekerjaan dan pelajaran masing-masing dan sebagainya yang merupakan indikator-indikator dari adanya jiwa yang bahagia, sejahtera dan sehat.
  2. Faktor kesejahteraan fisik. Seringnya anggota keluarga yang sakit, banyak pengeluaran untuk kedokter, untuk obat-obatan, dan rumah sakit tentu akan mengurangi dan menghambat tercapainya kesejahteraan keluarga.
  3. Faktor perimbangan antara pengeluaran dan pendapatan keluarga. Kemampuan keluarga dalam merencanakan hidupnya dapat menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran dalam keluarga. Misalnya; Banyak keluarga yang kaya namun mengeluh kekurangan.

terima kasih... semoga anda suka dengan bacaan ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar